Senin, 05 November 2012

"sekapur sirih 5cm"

Sore itu sepulang dari tempat kerja seperti biasa aku membaca novel di waktu senggang. Belakangan novel berjudul 5cm menjadi sahabatku yg bisa membuat aku lupa waktu klo sdh membacanya. Sementara membaca, tiba2 ku tutup novel 5cm di pangkuanku dan menarik napas panjang. Oohh Tuhan, Bab terakhir di novel ini membuat mataku nanar. Aku tidak sanggup melanjutkan bacaanku saat itu....
terlalu menyentuh. sumpah....

Dalam Hati aku mengagumi novel ini, jujur, dari ratusan novel yg sudah aku baca, hanya novel ini yg buat aku takjub. Nasionalismenya itu loh, luarbiasa.

Donny dhirgantoro benar2 edan dalam menyusun tiap kata dan adegan di novelnya.

Tidak heran klo Novel 5cm ini mendapat gelar novel best seller sepanjang Masa semenjak terbit 2005 kemaren. Kenapa? Karena novel ini Syarat dengan ilmu pengetahuan, filosofi kehidupan, menyentuh, kocak, konyol, dan di setiap dialog nya tersimpan pesan moral yg tidak biasa. Bayangkan saja ada socrates, plato, hingga kecepatan Cahaya dan atom pun di singgung dalam novel ini. Mau gak mau, pelajaran SD masa lampau kita dahulu jadi terkuak dan teringat lagi.

Ini sesuatu yg ajaib, sesuatu yg di bangun oleh penulis yg cerdas untuk mengajak pembacanya dengan sindiran "Ayo, mang kalian masih Ingat dengan pelajaran2 filsafat dan rumus2 pitagoras?"

Ditambah lima tokoh sentral dalam cerita ini begitu kuat. masing-masing mempunyai ciri khas yg mungkin kamu tidak akan dapatkan di cerita mana pun. #suer.

Aneh bin ajaib memang.

Tidak hanya itu, donny juga sangat menjunjung tinggi tanah air ini di dalam novel nya.

Nasionalisme.
Itulah yg paling kental dalam novel 5cm ini.

Membaca ini seakan membuka mata kita, membuka 'kita' yg lain dalam diri, dan menyentak hati serta mengelus sanu bari untuk mengajak kita mencintai tanah air ini.

se bobrok apapun negeri ini, dari dulu hingga sekarang kita lahir, minum dan makan di atas tanah air tercinta ini dan kita tetap dan sudah seharusnya banggga dengan indonesia. Dan itulah yg di ajarkan Donny sang penulis novel 'gila' 5cm ini.

NB:
Salam buat bang Donny,
Bang, gue Fadly, yg antar bang Donny ke bandara saat abang Talkshow di Kompas Gramedia Fair Makassar 5 Oktober 2012 di gedung manunggal kemaren.

Bang donny Ingat, Bang donny sempat ketawa waktu sy minta tanda tangan di novel 5cm ku yg buru2 sy beli di pameran, dan ternyata tanda tangan itu bukan aku tujukan buat diriku, aku malah minta bang donny tanda tangan dengan menuliskan nama sahabatku. Soalnya sahabatku itu sangat ngefans sama bang donny.

"jadi loe minta tanda tangan gue untuk Teman loe? Bukan buat loe sendiri? Baik banget loe.. Luar biasa loe jd teman.." kata bang donny saat itu.

Aku yg lagi nyetir hanya bisa cengengesan dan tersenyum. "itulah indahnya persahabatan bang.. Tak tertandingi.." kataku.

"benar juga loe.." bang donny menggangguk dan menepuk pundak Ku. "suatu saat loe bisa seperti gue. Ingat kata2 si adrian dalam novel gue?"

"sebaik2nya manusia adalah manusia yg bisa memberikan manfaat bagi orang lain"

Aku dan bang Donny langsung tersenyum.

5cm


Rozka Rezkii Ranayu Aiiu Dr dulu sy mau beli buku 5cm .

Wktu masih ada digramedia sy tdk punya uang untk beli .
Skarang dr tabunganku , uang sudah ada tp bukunya sudah tdk ada ??

Sedihhh !!
Pdahal dr sampul + rangkuman cerita sdh pasti bagus .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar