Senin, 24 September 2012

"MUNAFIK"

 
Suatu malam di bulan Ramadhan, sepulang taraweh dari kejahuan tampak Seorang anak kecil sedang menangis di sudut masjid tepat di bawah menara. Karena penasaran aku pun melangkah mendekatinya.

"Adek kenapa? Kok nangis?" Aku duduk disampingnya. Ku pegang punggungnya yg basah akibat keringat. "Ada yg bisa kakak bantu?"

Begitu ku sentuh, wajahnya menengadah dan menatap kearahku. Saat itulah aku mengenali anak itu.

"Hei, kayanya aku mengenalmu deh?" Tanyaku, kurang yakin. "Tapi dimna yah?"

"Aku yg bikin onar saat buka puasa kemaren sore." jawabnya murung.

"haaa, iya benar. kamu yg membuat perang makanan di Masjid saat buka puasa. dan gara-gara ulahmu Masjid jadi kotor bukan main. ckckck" aku mengernyitkan dahi. kalau ingat kejadian itu ingin rasanya menjitak kepala anak ini. hehehheh..
 
Ia mengangguk. Meski remang2 aku bisa melihat Wajahnya basah dan kotor karena air mata yg meleleh.

"Terus, kamu ngapain sendiri disini seorang diri?" Aku bertanya dgn lembut. "Oh iya, namu kamu siapa?"

"Rifqih kak.." Ia menyodorkan tangannya yg basah. Tanpa sungkan aku menjabat tangannya. "Kakak, kak fadly kan?" tanyanya.

"Kok tau?" Aku kaget dibuatnya.

"Iya, dari kak yani.." jawabnya.

"Oooohh.." Aku tersenyum. Yani, gadis tetangga sebelah, anak Pak Lurah yg manisnya luar biasa. aku langsung senyum-senyum sendiri mengingatnya.

Anak itu terdiam dan kemudian bertanya, "kak, ciri-cir orang munafik itu seperti apa sih? Apa ada cara yg lebih mudah untuk mengetahui apa org itu munafik atau nggak?"

"Banyak." jawabku. "Ooohh, kk ngerti. Apa karena itu kamu menangis? Kamu di katain munafik sama teman2 kamu?"

Rifqih mengangguk lemas. Ia terisak,"apa aku terlihat seperti org munafik?"

"Gak kok.." Aku merangkulnya. "Gini yah. Ada cara yg paling mudah untuk membedakan orang-orang munafik dgn yg tdk munafik"

"Apa itu kak?"

"Kata Pak Ustad, klo kamu mau tahu seseorang itu munafik atau tidak, lihatlah orang itu apakah dia berada di masjid atau tdk saat sholat isya dan subuh berjamaah. Klo dia ada, brarti dia bukan tergolong org2 munafik"

"Kenapa bisa seperti itu kak?"

"Iya karena orang2 munafik itu paling susah mendirikan sholat isyah dan subuh berjamaah di masjid."

"Oohh gitu yah." Rifqih mengangguk berusaha memahami apa yg baru saja aku katakan. "Tetapi aku sering kok berjamaah sholat subuh dan isyah di masjid. Kakak juga sering aku lihat"

"itu brarti...??"

"Berarti aku dan kakak bukan tergolong orang2 munafik dong..." ujar anak itu menyimpulkan.

"InsyaAllah" kataku mengaminkan. Aku mengacak-acak rambut Rifqih. "Jd gak perlu khawatir dan gak perlu takut kan, krn Rifqih sdh tahu ciri2 yg paling gampang membedakan org munafik sm yg nggak?"

"Iya kak.." Jawabx.

"Eh, Rifqih ngaji kan selama bulan puasa?" Aku mencoba ganti topik.

Anak itu mengagguk lagi, "iya dong kak, masa nggak."

"Mang sudah juz berapa?"

"Baru juz 15 kak" jawabx penuh semangat.

"Wah hebat..."

"Klo kakak?"

"Hhhmm berapa yah?" Aku berlagak mikir. "Kayax juz 28 deh"

"Oyah? wah kk lbh hebat dong"

"Gak, biasa aja kok. Klo ngaji itu gak usah di banding2 kan atau di jadiin lomba. Allah gak lihat kamu sdh juz berapa, tetapi yg penting iklhas dan ngaji karena atas dasar cinta kpd Allah dan kitabx."

"Heheheh" Rifqih tertawah. "Iya kak"

"Eh, kerumah kakak yuk, kita tadarussan bareng, ummi di rumah msh punya sisa buka puasa. Ada lemper dan kue sus loh. Nanti kakak buatin teh hangat. Mau?"

"Mau.. Mau.. mau" Rifqih langsung berdiri dan berkata "klo gitu kita lomba sampai rumahnya kakak.." Teriaknya, dan tanpa menungguku anak itu langsung berlari meninggalkanku.

"Apa?.." Aku kaget. Jangan kan berlari, aku malah msh duduk manis di tempatku saat melihat anak kelas enam SD itu berlarian menuju rumahku. "Astagafirullah, Rifqih tunggu kakak"
Teriakku, mengangkat sedikit sarungku dan mulai berlari menyusulx.

Masalahx, apa anak itu tahu dimna rumahku?
:p
 ****

#Special thanks untuk teman2 yg sdh komen di Facebook:
1.
Viel Ares hahaha,,kakak Si Rifqi ntar nyasar loh hahahah :D
thank's sudah menginspirasi lewat cerpen ini ^-^

2.
  • Risma Imphy Noviani liKe tHis ur nOte....
     
    Isnisa Citra Fiary Aaa, aq slalu suka cerpennya (•̯͡.•̯͡)(•̯͡.•̯͡) bagus banget siiiiiii -,-
    Ainun Jaryah Bahrir wah.... keren loh.. ^.^

    tapi aku agak-agak gimana gitu tentang ciri-ciri orang munafik.
    aku jarang ke masjdi sholat subuh sama isya soalnya.. :(
    berarti aku munafik dong. ?_?



    Muhammad Ghazali Mappasawang -____- bro bikin kan ka juga cerita tentang sy... nanti sy bm ceritanya nah... kayax kau bakal jd penulis hebat... good luck brother...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar